Kamis, 06 Oktober 2016

MESIN POINT OF SALE




MESIN POINT OF SALE

Description: 47.jpg

DISUSUN OLEH :

MENTARI RIZKYNING PUTRI
XII PEMASARAN 2



SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 47 JAKARTA
JL. CONDET PEJATEN RAYA, PASAR MINGGU,
 JAKARTA SELATAN 12510 Tlp (021)7995116














Pengertian POS (POINT OF SALE)
Point Of Sale atau  bisa disingkat POS sering digunakan untuk membantu Pengelola Bisnis atau Pemilik Usaha dalam hal mempermudah Bertransaksi dengan Pelanggannya, mendata stok/inventori barang, mengetahui laporan penjualan dan profit yang bisa kita atur baik per hari, mingguan, bulanan bahkan setiap tahun, fungsi lain dari POS termasuk mencakup dalam hal segi keamanan dalam bertransaksi maupun mendata stock barang.
Pengertian dari POS(Point Of Sale) adalah Metode penggabungan perangkat Keras(Hardware) dan Lunak(Software) yang membentuk suatu sistem untuk memudahkan dalam hal bertransaksi dengan Pelanggan, pada umumnya POS digunakan pada suatu Perusahaan Perkantoran, Super/mini market, Restaurant, Hotel atau usaha lainnya.

Perkembangan Point of Sale pada awalnya adalah sebuah mesin kasir atau biasa disebut dengan  Cash Register yang merupakan suatu mesin semacam kalkulator yang dilengkapi laci uang dan pencetak bukti pembelian, struk atau invoice.

Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi, fungsi cash register kurang memenuhi kebutuhan untuk usaha yang memerlukan detail laporan rugi laba, stok barang, dan kebutuhan custom lainnya. ada sebagian merek cash register yang kini juga menambahkan beberapa fitur untuk melengkapi permintaan konsumen, meskipun penggunaan cash register lebih banyak digunakan oleh usaha menengah yang tidak membutuhkan detail laporan penjualan maupun stok barang.

Point of sale juga sering biasa disebut dengan istilah lain seperti Mesin Kasir,Program Kasir, Program Toko,Inventory system, Aplikasi toko, Retail system dan lainnya, yang pada dasarnya sama dengan fungsi fungsi yang sama pula, yaitu untuk memudahkan kasir dalam hal bertransaksi dengan pelanggan

Media Point Of Sale dibutuhkan beberapa perangkat, seperti PC/Komputer atau laptop, Printer Kasir, Laci uang(Cash Drawer), Scanner barcode, Pole display, MSR(Magnetic Stripe Reader) dan Software pastinya. ada juga  beberapa PC Touch screen yang sudah dilengkapi dengan beberapa perangkat tersebut diatas atau biasa disebut PC POS yang lebih memberikan kecanggihan dan lebih praktis, atau sebuah Monitor PC Touch screen yang sudah dilenggkapi dengan Software POS, dan harganya pun lebih mahal tentunya.

Cara Kerja POS (Point Of sale )
1.       Transaksi Dengan adanya perangkat lunak pembayaran dengan model Point of sale (POS) para pengusaha bisa memanfaatkan kartu debit atau kredit saat konsumen melakukan pembayaran langsung pada saat transaksi. Terminal POS secara elektronis terkoneksi ke bank milik si pengusaha/pemilik toko, yang pada gilirannya terkoneksi ke financial tracking system dunia. Fitur-fitur perangkat lunak Point of sale yang diperlukan dalam bisnis misalnya menampilkan transaksi dan menghitung pajak penjualan atau diskon. Perngkat lunak POS biasanya memiliki platform inventory-tracking yang bisa segera menghapus item dari inventori pada saat transaksi penjualan terjadi. Para pengusaha restoran/rumah makan bisa menggunakan program lainnya – misalnya aplikasi tracking tempat duduk tamu dan waiting list – yang diintegrasi dengan program aplikasi POS.
2.       Berbasis-Internet Sistem POS yang berbasis-Internet biasa digunakan pada bisnis yang memiliki multi lokasi. Si pemilik bisa mengakses total harian pendapatan dari semua lokasi dari satu lokasi remote, juga dia bisa mengetahui penjualan harian. Pewaralaba dan pebisnis yang memiliki kantor-kantor satelit juga bisa melacak penjualan dengan sitem POS yang terkoneksi. Sitem POS bisa dikembangkan agar bisa berinteraksi dengan sitem akunting yang sudah ada untuk melacak pengeluaran, payroll dan jam kerja staf, inventori dan pendapatan. Aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan seperti Merchant OS bisa melakukan back-up data tiap malam, unduh katalog supplier, melacak inventori dan pembelian konsumen serta melakukan pengiriman email berisi penawaran-penawaran khusus.

3.       PerangkatKeras Counter-counter transaksi Point of sale harus bisa mencetak salinan struk pembelian untuk konsumen. Printer dot matrix dan printer thermal (yang memanfaatkan panas) tersedia untuk tujuan ini, namun printer thermal lebih mahal. Printer Thermal bisa mencetak lebih cepat, tidak berisik, dan lebih tahan lama karena lebih sedikit bagian-bagian yang perlu bergerak pada saat mencetak struk. Perusahaan yang memberi layanan pemrosesan kredit seharusnya menyediakan printer-printer ini. Cash drawer terkoneksi ke perangkat lunak POS dan biasanya diatur agar terbuka saat kasir mengakhiri proses transaksi. Cash drawer harus aman dan dibuka secara manual hanya oleh para manajer. Card reader juga terintegrasi dengan sistem POS agar konsumen bisa menggesekkan kartu kredit atau debit nya lalu memasukkan PIN. Card swipe reader umumnya dijual satu paket oleh bank penyedia jasa pemrosesan kredit. Sebagian besar perangkat keras POS juga menyertakan pemindai barcode agar kasir bisa secara elektronik menangkap harga item, yang secara otomatis dimasukkan ke program kendali transaksi dan inventori. Sebagian besar perangkat keras POS yang lain juga bisa dibeli secara terpisah sebagai peranti plug-and-play tambahan.

INTRUKSI MENGGUNAKAN PROGRAM APLIKASI POS (Point Of Sales)
1.      Masuk ke dalam program dengan menggunakan Login ID: admin dan Password: admin or ID: user Password: user (case sensitive password) (Login ID dan password ini sudah ada dalam program). Apabila Anda ingin mengganti password atau menambah User dan lain-lain dapat dilakukan dari menu  Utilities.
2.      Isi master Barang dan Pelanggan.Selanjutnya Anda bisa melakukan transaksi penjualan. Pada saat transaksi penjualan, Anda bisa menentukan sendiri harga barang yang dijual. Selisih dari harga barang dan harga jual barang akan dijadikan acuan untuk menghitung laba Penjualan.
3.      Untuk melihat Stok barang dapat dilakukan dari Master Barang.
4.      Anda bisa melihat semua data dari menu Reports. Diantaranya adalah jumlah  barang, jumlah data customer, stock alert dan sebagainya.
5.      Program akan  melakukan backup data secara otomatis di folder D:\BackupPOS(kalau drive D ada) setiap kali program dijalankan.
6.      Backup/Restore dapat juga dilakukan dari menu utilities (backup/restore to/from c:\program files\POS\Backup).
7.      Anda juga bisa melakukan Backup/Restore dari menu Utilities.
8.      Pada menu Utilities, Anda  bisa menghapus data penjualan dengan menjalankan End Year Process.
9.      Versi Trial Cuma bisa dipakai 30 hari.

PROGRAM NAMA KASIR :
1.       Pilih icon Inventory
2.       Isikan user name: admin; password: admin
3.       Klik Utility, klik/pilih List User
4.       Isikan pada kolom/jendela:
User name                   : nama kecil/nama panggilan
Full name                    : nama lengkap
Password                     : isikan password
Confirm password      : ulangi password yang telah di masukkan
Kelompok                   : pilih “Kasir”
5.       Klik “Add” yg ada di kiri bawah
6.       Klik “Close”
7.       Klik “Tutup”

PROGRAM MENAMBAH BARANG :
1.       Masuk ke icon Inventory
2.       Klik/ pilih “Stock”
3.       Isikan pada jendela/kolom:
Kode barang   : langsung di scanner barcode barang yang ada pada kemasan Barang-barang curah yang tidak ada barcode nya, masukkan kode     PLU nya. 
Nama               : tuliskan nama produk dan specifikasinya
Golongan        : tuliskan kode barang sesuai pengelompokan oleh perusahaan,Misalnya: food, non food, fresh, ATK, houseware, dls
Satuan : tuliskan satuan yg dijual pd produk tsb< misal pcs, kg, ltr, dls
Merk                : tuliskan merk produk, misalnya Unilever, Wings, dls. 
4.       Harga beli                        : tuliskan harga beli
5.       Harga jual                        : tuliskan harga jual
6.       Kolom2 lainnya                : misalnya diskon, tuliskaan % atau Rp nya
7.       Setelah selesai dan dirasa cukup, klik “Simpan” kemudian “Tutup”

PROGRAM STOCK BARANG :
1.       Masuk ke icin Inventary terlebih dahulu
2.       Klik “Utility”, klik “Saldo”, dan klik “Awal Stock”
3.       Pilih/klik “Barang”
4.       Isikan kolom yang ada, antara lain:
Unit awal        : tuliskan jumlah awal produk yang ada, dan semua yang diperlukan
5.       Setelah selesai semua, klik “Simpan”
6.       Klik “Tutup”, kemudian klik “Keluar”

PROGRAM PENGOPERASIAN KASIR :
1.       Masuk ke icon POS
2.       Masukkan/isi pada kolom:
User name       : nama singkat/nama kecil yang telah di program sebelumnya
Password         : tuliskan password yang telah dibuat sebelumnya
3.       Setelah halaman untuk transaksi muncul, dapat langsungmengoperasikan dg cara:
Scan barcode yang ada pada kemasan, apabila terdapat 3 produk maka tekan angka 3, kemudian tekan “enter”.
Apabila produk tsb merupakan produk curah yang tidak ada barcode nya, maka masukkan kode PLU secara manual, tekan ‘enter’, tekan ‘berat’ atau ‘jumlah produk’, tekan “enter”
4.       Lanjutkan dengan transaksi berikutnya sampai selesai.
5.       Tekan “F5” akan muncul tampilan jumlah nominal yang harus dibayarkan
6.       Masukkan nilai nominal uang yang dibayarkan.
7.       Klik “F2”, akan tercetak hasil transaksi



5 Aplikasi Sistem Point Of Sale

1.      PHP Point Of Sale
Point Of Sale PHP menawarkan solusi untuk usaha kecil dengan fitur dapat melacak pelanggan, persediaan, keuangan dan juga bisa menampilakan laporan berdasarkan data penjualan. Dengan script ini, Anda akan dapat menambahkan sendiri semua kategori item dan merek dengan mudah
Anda bahkan dapat mencari rincian pelanggan dalam database. Selain itu, ia menawarkan sekali klik untuk memesan yang mudah untuk menggunakan aplikasi Point Of Sale dan memiliki kemampuan untuk menampilakan lebih dari sepuluh jenis laporan berdasarkan data penjualan.
Point Of Sale PHP ini adalah software berbasis web sistem penjualan dirancang untuk membantu usaha kecil dengan dapat melacak pelanggan, item, dan penjualan. Program ini sangat cocok untuk bisnis yang menggunakan pembayaran tunai, cek, atau nomor rekening untuk penjualan mereka.
Features:
* Quick sales interface
* Advanced reporting
* Customer and supplier tracking
* Multiple payment support
* Multiple employee support
* Platform: linux, windows, freebsd, osx, sun

2.      Floreant POS
Floreant POS adalah touch sreen platform menawarkan User Interface sederhana dirancang untuk kafe dan restoran kecil. Software memiliki sistem menu makanan dikonfigurasi yang dapat di kategorikan menjadi menu Kategori Makanan, Grup, Produk dan menu edit. Florenat POS juga memiliki fitur mudah untuk dikonfigurasi dengan Pajak, Diskon, Payroll, kiat-Server, pilihan Lacitarik. Memiliki Laporan canggih termasuk laporan penjualan per jam dan laporan penjualan secara rinci. Floreant POS dianjurkan karena memiliki komunitas forum yang aktif dan ketersediaan dukungan komersial yang telah dirilis di bawah MRPL,Fitur :
·         Food server Touch screen activities : untuk membuat pemesanan, Edit, Merge, Split, Void, Reorder dan pembayaran tiket. Can be used for restaurants, drive through, carry out or home delivery. screenshot
·         Manager facilities : untuk mengoperasikan Drawer Pull, Drawer bleed, kartu kredit, pembayaran & laporan penerimaan di printer. screenshot
·         Kitchen Print : Rute instruksi untuk order dapur yang diterima. Melacak pemborosan dan menetapkan printer Dapur khusus untuk terminal yang berbeda
·         Backoffice : Menyediakan antarmuka yang Ramah untuk mengelola Menu Makanan, Paket Khusus, Beverates, Modifers, instruksi Memasak, dapat mengedit perubahan harga dan diskon. screenshot
·         Cash terminals : Dapat menangani kombinasi jenis pembayaran dalam tunai ataupun kredit. Secara otomatis menghitung Diskon dalam persen dengan jumlah yang tetap dan dapat diset dengn kartu diskon maupun kupon.
·         MIS Reports : dapat diset standar laporan keuangan termasuk ringkasan Penjualan dan laporan perinciannya, laporan pendapatan per Jam, melaporkan Tips dari konsumen, laporan cash dan laporan kartu kredit. screenshot
·         Robust technology: Client Server POS didukung oleh Java DB / Apache Derby, Jawa, Hibernate dan JavaPOS API. Floreant POS telah diuji pada beberapa terminal berjalan di Windows, Linux dan Mac 10.x

3.      Open Bravo
Openbravo POS (sebelumnya disebut Librepos dan TinaPOS) adalah titik aplikasi jual dirancang untuk layar sentuh, mendukung printer tiket ESC / POS, menampilkan pelanggan dan barcode scanner. Hal ini multiuser menyediakan formulir pendaftaran produk, laporan dan grafik.

4.      Lemon POS
Lemon adalah software open source ditargetkan untuk usaha mikro, kecil dan menengah. MySQL digunakan untuk pengelolaan data dan penyimpanan, dan dapat digunakan satu database dengan banyak terminal POS pada jaringan.
jika Anda menggunakannya OS Linux atau unix lain, makan informasi dan database Anda lebih aman terhadap serangan virus, dan menurunkan biaya dalam pengadaan software ber-lisensi.
Lemon menyediakan Antarmuka yang mudah dan themeable, search panel, price-checker tool, administration tool untuk mengelola toko Anda, laporan tercetak, dan fitur lain, masih banyak lagi fitur yang lain

5.      Posterita POS (Point of Sale)
Posterita POS adalah aplikasi full web POS untuk distribusi yang besar dan multi-situs Point of Sale untuk ribuan pengguna. Posterita POS dibangun di Adempiere / ERP. Posterita POS (Point of Sale) di khususkan untuk industri ritel, supermarket dan waralaba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar